Selasa, 17 Januari 2012

ANTI FLAG Main DIjakarta Lagi

Band ini terbentuk sejak tahun 1988 oleh Justin Sane dan Pat Thetic. Di awal band ini berdiri beberapa gitaris dan bassist keluar masuk untuk mengisi formasi Anti-Flag. Namun formasi awal ini hanya bertahan hingga 1989.

Namun di tahun 1994 Justin Sane dan Pat Thetic menghidupkan kembali Anti-Flag kali ini dengan formasi Andy Flag mengisi posisi bass.

Pada 1997 album pertama mereka berjudul Die For The Government yang berisikan 17 lagu dirilis oleh independent label New Red Archives. Dan pada tahun ini juga formasi Anti-Flag kembali berganti. Andy Flag sebagai bassist digantikan oleh Jamie Cock.

Kontroversi dari Anti-Flag mulai terlihat ketika merilis album kedua berjudul A New Kind Of Army di tahun 1999. Di album ini mereka mengangkat topik sosial, politik, rasisme dan masih banyak lagi.

Anti-Flag juga menambah satu tulisan di bawah cover album A New Kind Or Army yang menyatakan bahwa Anti-Flag bukan berarti Anti America, Anti-Flag berarti kita anti perang dan Anti-Flag berarti bersatu.

Ketika mereka bermain di Vans Warped Tour, Fat Mike dari NOFX menawarkan untuk merilis 2 album Anti-Flag dibawah naungan label miliknya Fat Wreck Chords.

Akhirnya di tahun 2001 Anti-Flag merilis Underground Network. Sedikit bergeser dari hardcore pun menjadi lebih mainstream, kali ini Anti Flag mengangkat tema fasisme sebagai lirik lagu di album ini.

Masih dibawah Fat Wreck Chords mereka merilis The Terros State yang kali ini fokus mengkritik George Bush ketika penyerangan WTC. Selain itu mereka juga aktif dalam Vote Campaign yang membuat mereka dipuji oleh banyak Staf White House.

Setelah 8 tahun mereka berkutat dengan independent label akhirnya mereka bergabung dengan major labeh RCA Records pada 2005.

Justin Sane mengatakan bahwa kali ini RCA Records tidak mengontrol kita, tidak ada sensor lirik dan artwork, tidak melarang tour, dan ini merupakan kesempatan besar untuk Anti-Flag supaya lebih didengar banyak orang.

Di tahun 2006 album perdana dibawah RCA akhirnya dirilis dengan judul For Blood And Empire. Masih mengkritisi tentang perang, satu lagu berjudul This Is The End (For You My Friend) berhasil masuk dalam Madden NFL 2007 dan NHL 07 Soundtrack.

Setelah menyelesaikan War Sucks, Lets Party tour keliling Amerika di bulan April mereka bekerja untuk side project semacam African Well Fund dan mengurus band yang bergabung di record label mereka A-F Records.

Kontrak mereka dengan RCA Records habis setelah Anti-Flag merilis album The Bright Lights Of America di bulan April 2008. Dan mereka direkrut oleh SideOneDummy Records untuk perilisan album berikutnya.

Setelah membangun studio pribadi, mereka mulai fokus untuk penggarapan album terbaru dan tak lama kemudian The People Od The Gun dirilis pada 9 Juni 2009.

Para personel Anti-Flag merupakan para aktifis yang giat ikut dalam kegiatan2 sosial maupun politik semacam PETA, Greenpeace, Democracy Now dan lainnya. Selain itu mereka juga kadang ikut dalam aksi protes atau demonstrasi.

Tanggal 31 January 2012, mereka diboyong promotor Nu Prima Production untuk bermain di Jakarta tepatnya di Parkir Kolam Renang Senayan, dengan pembuka Quick N Easy, tiket hanya dibandrol 200ribu saja, buat kalian penikmat Anti Flag, jangan sampai melewatkan kesempatan ini! (ariapanca)
Copy by : Extreme Zine